Website Aman Dengan SSL

Written by Hilmi Hidayat, published on 30 August, 2020 Website Aman Dengan SSL

Secure Sockets Layer - Pernahkan kamu mendengar kata SSL ? SSL atau Secure Sockets Layer adalah suatu teknologi keamanan yang dapat mem-proteksi atau menjamin keamanan transaksi data suatu website dari serangan pencuri data atau hacker. SSL atau Secure Sockets Layer bekerja dengan cara men-enkripsi data dari setiap transaksi data.
 
Demi kenyaman dan keamanan, suatu website wajib memiliki SSL certificate. Webstite dapat dikategorikan aman jika memiliki SSL Certificate (Secure Sockets Layer). SSL Certificate bertujuan untuk mengamankan data pengguna dengan cara men-enkripsi. Data-data yang dienkripsi seperti data kartu kredit, email, password, nomor handphone dan data-data pribadi pengguna lainnya.
 
SSL Certificate sangat penting bagi pemilik website maupun bagi visitor atau pengunjung. Penting bagi pemilik website karena pemilik website harus menjaga data-data dari member atau visitornya. Hal ini juga bertujuan agar traffic pengunjung website tersebut tetap stabil atau bahkan meningkat karena visitor atau pengunjung merasa data-datanya akan aman saat mengunjungi website tersebut. Dan penting bagi visitor atau pengunjung karena data yang dimasukkan pengguna ke website tersebut akan terjaga dengan aman dari pencurian data.
 
Bagi kalian yang mempunyai website, coba cek apakah website kalian sudah memiliki SSL Certificate atau belum ? Bagaimana cara mengecek suatu website sudah memiliki SSL certificate ?
 
Suatu website dikatakan sudah memiliki SSL Certificate jika di sebelah URL terdapat icon "Gembok" & URL website tersebut diawali dengan https://. Icon "Gembok" di samping URL yang aku maksud seperti pada gambar di bawah ini.
Bisa dilihat pada gambar di atas terdapat icon "Gembok" di samping URL. Website seperti inilah yang sudah memiliki SSL Certificate, sehingga data visitor atau pengunjung bisa terjaga dengan aman dari pencurian data. Icon "Gembok" ini jika diklik maka akan memunculkan atau menampilkan detailnya seperti gambar di bawah ini.
 
Selain dikenali dengan munculnya atau keberadaan icon "Gembok" di samping URL, website yang sudah memiliki SSL Certificate juga bisa dikenali atau diketahui dengan detail URLnya. Website yang sudah memiliki SSL Certificate diawali dengan URL https:// bukan http://. Apa itu https ? dikutip dari support.google.com, HTTPS atau Hypertext Transfer Protocol Secure adalah protokol komunikasi internet yang melindungi integritas dan kerahasiaan data pengguna antara komputer pengguna dan situs web.
 

Tinggalkan Komentar
Affiliate Banner Unlimited Hosting Indonesia